HomeBlogEdukasiKonsep Bekerja dengan Cara PAKSA

Konsep Bekerja dengan Cara PAKSA

igmastudio.com – Konsep Bekerja dengan Cara PAKSA. Jika Anda ingin berhasil dalam karir dan pekerjaan, gunakan Konsep Bekerja dengan Cara PAKSA ini. Atau jika Anda ingin menjadi seorang pemimpin yang berhasil, Anda harus paksa orang-orang anda untuk berhasil.

Tapi kata paksa di sini bukan berati Anda menyuruh orang-orang Anda bekerja dengan terpaksa. Itu cara yang salah. Sebab memaksa orang untuk melakukan yang kita mau sebagian besar Anda akan menemukan hasil yang kurang maksimal.

Igmastudio mengenalkan sebuah konsep PAKSA dalam bekerja, atau lebih tepatnya mereview kembali konsep ini. Konsep yang sudah lama ada, namun jarang orang menyimak dengan benar dan terutama mempraktekkanya dalam kegiatan sehari-hari.

Konsep Bekerja dengan cara Paksa :

1. Pray ( Berdoa )

Kegiatan Berdoa (Pray) adalah kegiatan yang di lakukan orang setiap hari. Bahkan dalam satu hari kita bisa melakukan kegiatan berdoa berkali-kali atau minimal 5 kali sehari bagi kita yang beragama islam. Kegiatan berdoa adalah kegiatan berkomunikasi dengan Tuhan. Di dalam kita berdoa, kita menyampaikan segala hal kepada Tuhan, ucapan syukur, keluhan, harapan, permohonan, kerinduan dan lain-lain.

Bagaimana dengan Anda? apakah setiap pekerjaan yang akan Anda kerjakan, selalu di awali dengan doa? Jika Anda berdoa, apakah Anda sudah dengan cara yang benar? Karena tidak semua doa dilakukan dengan cara yang benar. Itu sebabnya banyak orang yang belum di kabulkan doanya. Padahal Tuhan sudah berfirman…

“‘Berdoalah kalian kepadaKu, niscaya akan Kukabulkan bagi kalian’.” (QS. Ghafir: 60).

Yuk… kita biasakan atau wajibkan diri kita untuk melakukan Doa sebelum melakukan kegiatan atau pekerjaan.

Itulah P dalam kata konsep PAKSA, yaitu Pray ( berdoa ).

 

2. Attitude ( Sikap )

Attitude merupakan sikap yang mengacu pada serangkaian emosi, keyakinan, dan perilaku terhadap berbagai hal. Tentu setiap orang memiliki sikap tersendiri dalam menghadapi berbagai hal. Bahkan antara orang satu dengan yang lain bisa memiliki perbedaan sikap saat dihadapkan oleh suatu masalah.

Ada istilah

Attitude is a litle think, make a big different.

Sikap adalah sesuatu yang kecil dapat membuat perbedaan besar. Apa maksudnya? sesuatu hal yang bahkan sangat kecil yang terkadang kita remehkan, ternyata dapat membuat suatu perbedaan besar.

Contoh :

Seorang pelaku direct selling, yang satu menyapa calon pelanggan dengan tersenyum, melakukan kontak mata, bisa membuat calon pelanggan merasa nyaman dan pada ujungnya bisa menciptakan transaksi.

Sedangkan pelaku direct selling yang lainnya, pelit senyum dan cenderung memaksa dan terburu-buru dalam melayani calon pelanggan. Alhasil calon pelanggan merasa tidak nyaman dan Anda sudah bisa menebak apa yang terjadi selanjutnya. Apa yang terjadi? Calon pelanggan berpaling muka dan transaksi yang di harapkan pun bisa gagal alias ZONK.

Dapat di lihatkan? Perbedaan sikap dari kedua contoh di atas? itu lah SIKAP (attitude), pada hal cuma beda di senyum saja, tapi bagi pelanggan itu sesuatu hal yang penting. Seperti di jelaskan sebelumnya bahwa attitude itu menyangkut emosi.

Oke, itu yang kedua dari kata PAKSA yaitu Attitude (sikap), jadi paksa diri Anda untuk bersikap yang baik.

 

3. Knowledge ( Pengetahuan )

Setelah Anda melakukan Pray (DOA) setiap kali mengawali kegiatan dan Anda juga memiliki Attitude (sikap) yang baik, Apakah Anda lantas langsung menjadi orang yang sukses? Tidak ! itu baru P.A…. masih kurang. Selanjutnya Anda harus memilik Knowledge (pengetahuan)..  Mengapa? Karena pengetahuan membuat Anda tahu cara bekerja, tau cara melakukan, tahu hitung-hitungannya, tau cara menyelesaikan pekerjaan, tahu cara mencari jalan keluar bila ada masalah.

Satu contoh,

Anda bekerja sebagai Manager di sebuah perusahaan. Anda tahu kan? tugas-tugas seorang Manajer dalam bekerja? Memimpin karyawan, melatih karyawan, memeriksa administrasi, membuat anggaran, membuat rencana kerja. dan lain-lain.

Dapat kah seorang menajer melakukan tugasnya tanpa pengetahuan? Apakah bisa memeriksa administrasi jika seorang manajer tidak tau tentang akuntansi?

Nah itulah yang di maksudkan. Tanpa pengetahuan seseorang itu menjadi buta dalam melakukan pekerjaannya. Anda harus memiliki pengetahuan.

Itulah bagian ke tiga dari kata PAKSA, yaitu K – Knowledge (pengetahuan).

 

4. Skill ( Keterampilan )

Kalau Knowledge atau pengetahuan Anda harus carai dari luar, bisa dari membaca buku-buku yang sesuai, menonton video-video yang bermanfaat, mendengarkan audio yang berkaitan dengan pekerjaan atau mengikuti seminar-seminar. Itu semua untuk menambah wawasan dan keilmuan Anda.

dan Skill atau keterampilan ini adalah sesuatu yang Anda harus latih, semakin sering Anda melatih keterampilan tertentu, Anda akan menjadi semakin Ahli.

Contoh Skill,

Seperti orang yang pandai berbicara di depan orang banyak dalam sebuah seminar, dia  di sebut memiliki skill komunikasi. Dari mana dia memperoleh skill itu? dari latihan yang dia lakukan setiap hari. Entah dia melakukannya dengan cara mengikuti training atau dengan cara belajar otodidak. Jika seseorang melakukan dengan sesering mungkin, maka  dia akan seorang yang ahli.  Ilmu ini sangat penting dan orang semakin menyadarinya. maka tidak heran sekarang banyak sekali pelatihan-pelatihan tentang ketrampilan komunikasi.

Jadi, setelah knowledge (pengetahuan), skill (keterampilan) sangat penting Anda miliki. Knowledge adalah tentang apa yang Anda ketahui, sedangkan Skill adalah tentang cara Anda menyampaikan pengetahuan yang Anda miliki. Ini sangat penting.

Itulah hal ke empat dari kata PAKSA, yaitu S = skill,

 

5. Action ( Tindakan )

Sekarang kita lanjutkan, Anda sudah :

P – Pray ( Doa ), Anda sudah rajin berdoa dalam setiap mengawali kegiatan/pekerjaan

A – Attitude ( Sikap ), Sikap Anda sudah luar biasa, Anda memiliki sikap yang mengagumkan

K – Knowledge ( Pengetahuan ), Anda menjadi orang yang pintar dan mengetahui segalanya

S – Skill (Keterampilan), Anda yang terbaik, jago berkomunikasi, pandai presentasi

Namun, Anda tidak pernah bertindak… atau tidak pernah Action…

Kira-kira apa yang akan terjadi? berhasilkan kita? Jawabannya sudah JELAS…

JELAS – NIHIL alias ZONG – alias ZERO – alias NATO – dan lain-lain banyak sekali istilah yang dapat kita sebut.

Untuk yang selanjutnya, huruf terakhir dari kata PAKSA adalah A = action.

Untuk berhasil, tidak ada cara lain adalah Action, tidak ada cara lain selain Action ( Tindakan ).

Jadi bertindaklah, terjunlah kelapangan, lakukan sesuatu untuk mewujudkannya.

– – – – – – – – –

Itulah Konsep Bekerja dengan Cara PAKSA yang dapat membuat dirimu Sukses. Kata tersebut hanya sebuah kebetulan saja yang di temukan dalam ilmu cocoklogi. Namun setelah di simak baik-baik dan kita renungkan secara mendalam, memang betul sekali apa yang di paparkan hurup per huruf dari kata PAKSA tadi.  Dan itu semua dapat kita jadikan sebuah SUGESTI dalam diri kita.

Banyak sekali dari kita memiliki satu penyakit mental yaitu Tidak Siap Bertindak. Kita sungguh heran, begitu banyak menerima motivasi-motivasi, tapi giliran bertindak, kita sering tidak melakukannya.

Nah inilah yang harus Anda PAKSA kan, jangan biarkan kemalasan menguasai diri kita.

Sekali lagi yang penting kita lakukan adalah tindakan… Yuk PAKSA diri kita untuk sukses dengan melakukan 5 hal yaitu :

  • Pray
  • Attitude
  • Knowledge
  • Skill
  • Action

Yakinlah.. Anda pasti sukses.

Ammiinn.

 

Baca artikel kami yang lain : Jasa Pembuatan Website di Bekasi 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *